Profil

Visi Program Studi S1 PGSD
Mempersiapkan guru SD yang berkualitas, beriman, berintegritas, berkarakter Kristus dengan komitmen profesional menerapkan Pendidikan Kristen untuk melayani dan menjawab kebutuhan yang relevan bagi generasi muda, untuk hidup menjadi berkat bagi gereja, bangsa dan negara Indonesia.

Misi Program Studi S1 PGSD

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengembangkan potensi mahasiswa secara holistik sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan konsep dan teknik pembelajaran yang inovatif demi peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah dasar yang ada di Jawa Timur, terutama di sekitar kampus UK Petra.

Tujuan Program Studi S1 PGSD

  1. Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan potensi mahasiswa secara holistic sesuai nilai-nilai Kristiani, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi relasional, kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kewirausahaan.
  2. Terwujudnya berbagai kegiatan yang mengembangkan soft skill, para dosen dan mahasiswa, diantaranya kepemimpinan berhati hamba (pemimpin yang melayani), berempati, dan berkomunikasi dengan tepat dan bermakna.
  3. Terciptanya atmosfer akademik dan budaya dosen dan mahasiswa yang menunjukkan nilai hidup untuk mengamalkan ajaran dan nilai Kekristenan, yang berdampak.
  4. Terwujudnya penelitian kolaboratif yang berorientasi pada penemuan solusi terhadap masalah-masalah pendidikan SD, di tingkat nasional.
  5. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan SD.

Jenis Pekerjaan Setelah Lulus

  • Guru SD (termasuk guru kelas dan guru bidang studi)
  • Guru Privat untuk mengajar murid-murid berkebutuhan khusus
  • Guru membuka kursus sesuai bidang keahlian
  • Guru membuka Sekolah Dasar
  • Pembicara/pelatih untuk komunitas dan pemerhati pendidikan anak