Profil

VISI
Menghadirkan Pendidik Kristen yang memancarkan karakter Kristus bagi murid-murid sekolah dasar sebagai panggilan Tuhan untuk menjawab tantangan global.


MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengembangkan potensi mahasiswa secara holistik sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan konsep dan teknik pembelajaran yang inovatif demi peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah dasar yang ada di Jawa Timur, terutama di sekitar kampus UK Petra.

TUJUAN

  1. Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan potensi mahasiswa secara holistic sesuai nilai-nilai Kristiani, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi relasional, kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kewirausahaan;
  2. Terwujudnya berbagai kegiatan yang mengembangkan soft skill, para dosen dan mahasiswa, diantaranya kepemimpinan berhati hamba (pemimpin yang melayani), berempati, dan berkomunikasi dengan tepat dan bermakna;
  3. Terciptanya atmosfer akademik dan budaya dosen dan mahasiswa yang menunjukkan nilai hidup untuk mengamalkan ajaran dan nilai Kekristenan, yang berdampak;
  4. Terwujudnya penelitian kolaboratif yang berorientasi pada penemuan solusi terhadap masalah-masalah pendidikan SD, di tingkat nasional;
  5. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan SD.

PROFIL LULUSAN 

Christ-like Teacher merupakan kekhasan lulusan yang dihasilkan melalui program studi yang tidak didapatkan pada program studi PGSD lainnya di Indonesia. Deskripsi Christ-like Teacher mencakup tujuh kualitas diri yang telah melekat pada diri lulusan setelah mengalami semua proses yang dilakukan Tuhan Allah sendiri melalui PGSD UK Petra, yakni:

  1. Menerima kasih karunia Tuhan sebagai dasar mengenal kebenaran
  2. Mengenal kebenaran yang dinyatakan dalam Alkitab
  3. Melihat hidup dalam perspektif Iman Kristen
  4. Menghidupi kebenaran Iman Kristen sebagai nilai hidup
  5. Mengajar kebenaran melalui membagi hidup yang terhubung dengan Tuhan Yesus
  6. Memancarkan hidup Kristus kepada sesama
  7. Memimpin sesama untuk mengenal Kristus

PROSPEK PROFESI

  • Guru SD
  • Peneliti Pemula
  • Praktisi Pendidikan Anak