Laboratorium

Laboratorium Kreativitas

Laboratorium Kreativitas merupakan suatu tempat bagi mahasiswa melakukan eksperimen dalam mengembangkan model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran pada pendidikan dasar. Mahasiswa akan mempraktikkan proses perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan suatu desain pembelajaran yang kreatif.

Laboratorium Konseling dan Terapi Bermain

Laboratorium Konseling dan Terapi Bermain digunakan untuk berbagai aktivitas praktikum, seperti mikrokonseling, praktikum konseling (individual dan kelompok), bimbingan kelompok (Bimbingan Belajar, Bimbingan Pribadi-Sosial), asesmen psikologis, baik teknik tes maupun nontes; dan pengajaran teori-teori yang menggunakan film edukatif sebagai media pembelajaran.

Laboratorium Microteaching

Laboratorium Microteaching digunakan untuk kegiatan latihan mengajar di depan kelas yang dilakukan oleh mahasiswa. Fasilitas di dalam laboratorium meliputi LCD, TV, kamera perekam, dan pengeras suara serta perlengkapan yang digunakan untuk proses pembelajaran seperti papan tulis, spidol, dan lain-lain.

Laboratorium Child Care

Laboratorium Child Care digunakan mahasiswa untuk praktik melaksanakan fungsi pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Tempat ini setiap harinya difungsikan sebagai day care atau taman pengasuhan anak. Kegiatan pada program ini adalah bermain. Jadi anak-anak diberikan edukasi menggunakan metode atau cara bermain yang benar.

Perpustakaan Mini

Perpustakaan Mini merupakan perpustakaan yang dikelola oleh mahasiswa, di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi buku khususnya tentang pendidikan. Melalui perpustakaan ini mahasiswa belajar bagaimana mengelola sebuah perpustakaan. Aktivitas di perpustakaan mini ini merupakan sebuah simulasi perpustakaan sesungguhnya yang ada di sekolah.