sejarah

Kerinduan untuk mendirikan Program studi Pendidikan Guru dimiliki UK Petra sejak tahun 2010. Namun pada waktu itu, Pemerintah menetapkan moratorium (penundaan) pembukaan program studi baru, yang menyebabkan kerinduan itu harus disimpan untuk sementara. Tahun 2014 ketika pemerintah mengumumkan kembali terbukanya kesempatan mendirikan Program Studi baru, tim pembukaan Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan SD langsung merancang dan menyusun kembali proposal pendirian Program Studi Pendidikan Guru dengan kebutuhan teraktual. Kerja dan doa tim proposal serta UK Petra tidak sia sia. Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan SD telah mendapatkan rekomendasi dan mulai membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016-2017

Program Studi Pendidikan Guru SD, merupakan wujud komitmen UK Petra dalam membangun SDM Bangsa dengan menghadirkan guru SD yang siap mendidik secara fisik, jiwa, moral spiritual, kepribadian dan karakter anak didik pada masa emasnya, yaitu usia sekolah dasar.
 
Secara khusus, Program Studi Strata Satu PG SD menjawab kebutuhan pengelolan sumber daya bangsa (manusia dan alam) dalam rangka peningkatan nation competitiveness. Kebanyakan ahli pendidikan anak sependapat mengatakan bahwa masa usia sekolah dasar adalah masa pertumbuhan anak yang paling penting, secara fisik, jiwa, moral dan spiritual, bersamaan dengan masa pertumbuhan karakter, yang memberikan dasar bangunan kepribadian dan karakter yang paling utama. Dari situlah seluruh pertumbuhan karakter seseorang akan dibangun sampai dia menjadi dewasa.